7 Acuan dalam Pengajuan Pinjaman Uang Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman Uang Cepat Cair Dalam 1 Hari


7 Acuan dalam Pengajuan Pinjaman Uang Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan atau yang biasa disingkat menjadi KTA ternyata memiliki banyak peminat bahkan sampai hari ini. Kebutuhan para pengguna KTA ini bermacam-macam, ada yang perlu pengajuan KTA untuk modal usaha, renovasi rumah, membeli kendaraan baru dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam pengajuan KTA :

Penuhi Seluruh Persyaratan

Hal utama yang harus Anda lakukan dalam pengajuan pinjaman uang KTA adalah memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan oleh bank. Ada beberapa persyaratan umum yang biasanya digunakan dalam pengajuan KTA meliputi copy identitas yaitu KTP, kartu kredit, NPWP, slip gaji, SIUP atau rekening koran.

Tahapan yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mengisi setiap kolom aplikasi pengajuan KTA sesuai dengan data diri Anda, cantumkan nomor telepon yang valid dan mudah dihubungi, sehingga bank lebih mudah untuk melakukan verifikasi dan proses pada aplikasi Anda.

Cantumkan NPWP

Anda wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), terutama bila Anda menginginkan sejumlah dana pinjaman uang yang cukup besar saat mengajukan KTA. Bank memiliki nilai tambah bagi para peminjam dana yang memiliki NPWP. Bila ternyata Anda belum memiliki NPWP, sebaiknya Anda datang ke kantor pajak terdekat.

Sertakan Nomor Kartu Kredit

Proses pengajuan akan lebih mudah jika Anda telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena bank akan dengan mudah melihat dan mempertimbangkan riwayat kredit dan aktivitas perbankan Anda melalui kepemilikan kartu kredit.

Kenali Batas Limit Kredit

Saat Anda mengajukan KTA, penting bagi Anda untuk mengetahui batas limit kredit yang akan diberikan bank untuk Anda. Hal ini disesuaikan pada jumlah penghasilan atau gaji yang Anda terima setiap bulannya. Semakin kecil limit pinjaman yang Anda ajukan, maka semakin besar pula kemungkinan hal tersebut akan disetujui pihak bank.

Penuhi Standar Penghasilan

Setiap bank akan memiliki kebijakan mengenai standar penghasilan minimum yang yang wajib dipenuhi dalam pengajuan pinjaman uang KTA. Jumlah ini biasanya akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, mengikuti UMR yang berlaku di wilayah tersebut. 

Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Hindarilah mengambil jumlah pinjaman yang terlalu besar dan berada di luar kemampuan bayar sesuai kondisi ekonomi Anda. Hal ini akan sangat berisiko dan membuat Anda mengalami gagal bayar dan menunggak cicilan di kemudian hari. 

Meski KTA adalah sebuah pinjaman uang tanpa agunan, pihak bank bisa jadi mengutus debt collector untuk melaksanakan penagihan tunggakan yang Anda miliki. maka ajukan pinjaman dalam jumlah kemampuan Anda dan pilih tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Komentar